Ternyata Tidak Semua Nyeri Sendi Itu Asam Urat : ini Faktanya mungkin anda pernah mengalaminya -->

Header Menu

Ternyata Tidak Semua Nyeri Sendi Itu Asam Urat : ini Faktanya mungkin anda pernah mengalaminya

Munawir M. Jamil
Friday 17 July 2020





AP Aceh. KESEHATAN : Nyeri merupakan pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan akibat kerusakan jaringan.


Nyeri yang datang secara tiba-tiba dapat mengganggu aktivitas harian, apalagi nyeri pada jari-jari tangan yang membuat tangan menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.


Sebenarnya, apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami rasa kaku dan nyeri pada jari-jari tangan.


Kondisi ini bisa saja muncul karena faktor kelelahan hingga tanda dari gangguan kesehatan yang menyerang sendi.

Namun, perlu kamu ketahui ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri dan kaki pada jari-jari tangan, di antaranya sebagai berikut.


1. Trigger Finger

Trigger Finger merupakan kondisi yang menyebabkan jari tangan menjadi kaku dengan kondisi tangan terkunci pada posisi menekuk atau meregang.


Keadaan ini sangat menganggu aktivitas, terutama yang melibatkan jari-jari. Sebab, kondisi ini bisa memicu rasa tidak nyaman karena gejala nyeri yang muncul.

Nyeri bisa muncul terutama saat menekuk atau meluruskan jari.


Tak hanya nyeri, trigger finger juga bisa menyebabkan gejala lain, seperti muncul benjolan pada pangkal jari serta terdengar bunyi saat jari-jari ditekuk atau diluruskan.


2. Fenomena Raynaud

Fenomena Raynaud merupakan kondisi ketika beberapa bagian tubuh terasa kaku dan dingin saat keadaan tertentu. Hal ini terjadi karena akibat berkurangnya aliran darah ke bagian tubuh tertentu, sehingga memicu gejala kulit pucat dan terasa dingin.


Dalam fenomena Raynaud, arteri yang lebih kecil yang memasok darah ke kulit mengerut berlebihan akibat dingin sehingga membatasi suplai darah ke daerah yang terkena. Biasanya keadaan ini sering terjadi pada jari-jari tangan atau jari kaki.


Gejala penyakit ini awalnya hanya menyerang satu bagian, seperti jari tangan atau kaki saja yang kemudian menyebar ke seluruh jari lainnya.


Selain pucat dan dingin pada bagian tubuh yang terserang, kondisi ini juga sering disertai dengan gejala lainnya, seperti rasa nyeri dan terbakar saat aliran darah kembali secara cepat.


3. Radang Tendon

Rasa kaku dan nyeri pada jari-jari tangan juga bisa terjadi karena peradangan pada tendon, yaitu penghubung antara tulang dan otot yang berbentuk jaringan penyambung keras. Bagian ini memiliki peran ketika jari tangan digerakkan.


Pada waktu tubuh melakukan gerakan itu, otot dan tendon pada bagian lengan serta tangan akan bersama-sama meluruskan atau menekuk jari tangan.


Nah, saat terjadi peradangan pada bagian ini, maka jari akan mengalami gejala kekakuan yang disertai dengan nyeri.



4. Kelelahan dan Gerakan Berulang

Jari yang terus digunakan melakukan gerakan berulang, seperti mengetik di layar ponsel atau laptop juga bisa memicu nyeri.


Sebab, jari tangan mengalami kelelahan akibat gerakan yang dipaksakan dan dilakukan berulang-ulang.


5.Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi atau peradangan ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.


Kondisi ini bisa menyerang bagian tangan dan dapat menimbulkan rasa sakit pada jari-jari tangan yang menyebabkan jari tangan menjadi kaku, bengkak, sakit, bahkan muncul benjolan di bagian sendi jari yang kaku.


Itulah beberapa faktor penyebab nyeri pada jari-jari tangan. Jadi, tidak hanya karena asam urat karena pada umumnya asam urat memang ada di salam tubuh. Munculnya rasa nyeri bila asam urat di dalam tubuh melebihi batas normal.[]

Sumber : media online